Berita Terbaru Finansial dan Teknologi Finansial – NHB

Berita terkini dan terupdate seputar dunia finansial dan perkembangan teknologi finansial.

×

Perkembangan dan Manfaat Pembayaran Cashless Indonesia

Perkembangan dan Manfaat Pembayaran Cashless Indonesia

Cashless Indonesia semakin gencar dilakukan untuk mengurangi transaksi tunai. Pembayaran cashless ini juga didorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat di era ekonomi digital. Saat ini masyarakat dan pemerintah juga kian menyadari bahwa transaksi tunai menyimpan banyak kekurangan. Tak heran jika sistem cashless di Indonesia semakin mengalami perkembangan. Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan bagaimana perkembangan cashless di Indonesia dan manfaatnya selengkapnya untuk anda.

Perkembangan Cashless Indonesia

Peralihan transaksi masyarakat Indonesia tak lain karena campur tangan aturan dari Bank Indonesia terkait uang elektronik pada tahun 2009 silam. Guna mendorong transaksi uang elektronik tersebut, 5 tahun kemudian yaitu di tahun 2014, Bank Indonesia mencanangkan GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). Pencanangan terkait cashless Indonesia ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku bisnis, masyarakat dan lembaga pemerintah untuk menggunakan pembayaran cashless atau non tunai. Anda bisa merasakan gerakan ini dari kebijakan implementasi pembayaran jalan tol, bus Transjakarta, KRL dan lain sebagainya.

Pada kuarter keempat di tahun 2017, gerakan non tunai kian mengalami perkembangan. Pemerintah Indonesia pun membuat keputusan dengan memberlakukan pembayaran cashless di semua pintu tol yang ada di Indonesia. Bukan rencana mendadak, keputusan tersebut adalah rencana pemerintah untuk menggapai Masyarakat Digital di tahun 2020 lewat program “Go Digital Vision 2020”. Dengan menerapkan sistem cashless (tanpa uang tunai), anda bisa melakukan payment (pembayaran) secara praktis, hemat tenaga dan tak buang-buang waktu.

Manfaat Cashless Indonesia

Sistem cashless di Indonesia menawarkan beragam manfaat yang pastinya sangat menguntungkan penggunanya. Adapun manfaat cashless di Indonesia diantaranya yaitu:

Menawarkan Kemudahan Bagi Pelanggan

Transaksi pembayaran cashless terbukti lebih cepat dan praktis karena anda tak perlu memberikan kembalian pada pelanggan. Hal ini tentu saja menjadi kemudahan tersendiri untuk pelanggan saat tak membawa uang tunai. Pelanggan juga tidak perlu-repot mencari ATM untuk menarik uang tunai. Dengan menawarkan pilihan pembayaran cashless, anda sama saja sudah memberikan pelayanan yang memuaskan. Pelanggan tak perlu menunggu maupun mengantri hanya untuk membayar. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan bisa berjalan secara lebih efisien.

Aman dan Praktis

Tak bisa dipungkiri bahwa membawa uang tunai terbukti lebih banyak memakan tempat jika dibandingkan dengan membawa alat pembayaran cashless yang biasanya berupa (server based) atau kartu (chip based). Dari sisi keamanannya pun, membawa alat pembayaran cashless relatif lebih aman ketika bertransaksi daripada dengan uang tunai.

Promo Menarik

Ada banyak penyedia pembayaran cashless yang memberikan kemudahan kepada merchant untuk menghadirkan promo menarik bagi pelanggannya. Bagi anda yang menjalankan bisnis, hal tersebut tentu saja menjadi kesempatan untuk mencuri perhatian pelanggan baru. Seperti yang diketahui, promo menarik selalu dinanti-nantikan oleh pengguna pembayaran cashless. Adapun promo menarik yang bisa diterima oleh pelanggan diantaranya yaitu buy one get one, diskon harga dan masih banyak lainnya. Promo tersebut hanya bisa diperoleh apabila pelanggan melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran cashless.

Menekan Biaya Kelola Uang Rupiah dan Cash Handling

Penerapan sistem pembayaran cashless bisa menekan biaya pencetakan uang tunai. Ditinjau dari web resmi Bank Indonesia, anggaran sebanyak Rp. 3,5 triliun dikeluarkan setiap tahunnya untuk mencetak uang baru, tak terkecuali dengan kebutuhan penggantian uang kumal yang dihancurkan.

Perencanaan Ekonomi Lebih Akurat

Transaksi cashless tercatat secara detail sehingga mudah dilacak. Anda pun bisa lebih mudah dalam menghitung aktivitas ekonomi. Cashless Indonesia juga diharapkan bisa mengurangi angka kejahatan kriminal yang masih sering terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *